Papan Tulis

Papan Tulis

4320
0
SHARE
BG-Rental-Kika-Web

Papan Tulis

 

Siapa sangka kayu papan telah mengubah peradaban manusia. Siapa mengira kayu papan bisa menggiring asumsi-asumi di otak manusia. Siapa menduga pula papan kayu tiba-tiba menjadi bencana. Si papan kayu penuh tulisan, propaganda mengobrak-abrik tatanan kehidupan manusia.

Dahulu ia hanya sebatang pohon yang tak tentu masa depannya. Berakhir di tungku-tungku api dan hanya bersahabat dengan tangan-tangan pembantu. Ada pula yang lebih beruntung menjadi perabotan sampai dibilang barang antik. Ada yang lebih mujur, menjadi bagian dari arsitektur. Ada juga yang kurang mujur menjadi serbuk dan bubur-bubur sampai tak dikenal wujud aslinya. Tetapi ada si papan kayu. Ia bukan sekedar papan. Ia adalah papan tulis.

“Papan tulis yang menjadikan manusia jadi paham ini dan itu.”

“Papan tulis yang memandu manusia untuk membuat ini dan itu.”

“Papan tulis pula yang terkadang membuat manusia bingung memilih ini apa itu.”

Papan tulis tak sekedar papan kayu. Ia lebih tahu kehidupan. Papan tulis hitam yang membuat manusia paham dengan coretan-coretan putih. Papan tulis putih yang membuat manusia waspada dengan coretan-coretan hitam.

Papan tulis seharusnya mengingatkan manusia. Manusia dahulu pernah membuat kesepakatan dengan Sang pemilik papan tulis kehidupan.

“Sejatinya kehidupan ini adalah papan tulis kehendak-Mu, maka hidup haruslah menikmati setiap kata yang tertulis.”

 

Gang Buntu, 101014

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY